Senin, 09 Juli 2012

Pengantar Next Generation Network

- Penulis: Kuncoro Wastuwibowo
- Bahasa: Indonesia
- Jumlah Halaman: 17
- Format file: PDF
- Publisher: IlmuKomputer.Com
- Tahun terbit: Januari 2004


Penelitian dan pengembangan agent dan multi agent system (MAS) sudah dimulai sekitar 20 tahun yang lalu, berawal dari suatu cabang ilmu artificial intelligence (AI) yang bernama distributed artificial intelligence (DAI). Pesatnya perkembangan teknologi komputer dan jaringan, menyebabkan teknologi agent dan multi agent system dengan mudah bisa diimplemantasikan, sehingga saat ini bukan hanya bergerak pada kerangka penelitian, tetapi juga telah sampai pada tahap implementasi nyata.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa telah datang kritikan pedas yang diarahkan kepada para peneliti AI, bahwa bidang garapan AI tidak menyentuh masalah-masalah riel. Kemudian beberapa ide-ide besar yang datang dari para peneliti AI pun boleh dikata hanya diimplemantasikan ke arah masalah-masalah mainan (toy problems). Kalau kita mau menengok kembali buku-buku pelajaran baik tingkat undergraduate maupun graduate, memang ada nuansa bahwa penjelasan ilmu AI hanya berputar sekitar pemecahan masalah (problem solving) pada suatu yang tidak riel dan lebih bersifat mainan, misalnya strategy pada permainan catur, othello, robot mainan, dsb.

Seiring dengan perkembangan teknologi agent dan multi agent system ini, para peneliti AI berharap bahwa sudah masanya untuk tidak mengulang kembali kesalahan leluhur-leluhur peneliti AI, dan mencoba untuk membuat implementasi agent dan multi agent system ke arah yang lebih riel dan bermanfaat secara langsung. Bigus dalam bukunya [Bigus et al., 2001] menyebutkan secara ekstrim bahwa kita sedang melakukan transisi dari AI (Artificial Intelligence) ke IA (Intelligent Agent).

Pada makalah ini akan dibahas tentang agent dan multi agent system secara lengkap, menyangkut beberapa isu, pendekatan dan tantangan yang ada, kemudian akan dijelaskan juga tentang aplikasi dari teknologi agent dan multi agent system diberbagai bidang penelitian.

Pengorganisasian makalah ini adalah sebagai berikut. Penjelasan kita mulai dengan sejarah, latar belakang, definisi agent, dan multi agent system dengan tujuan supaya kita bisa menyamakan persepsi awal tentang agent yang kita bicarakan. Setelah juga dijelaskan secara lengkap tentang karakteristik, klasifikasi agent dan bidang-bidang yang terkait dengan agent. Masuk ke bagian Arsitektur Agent, akan dibahas tentang arsitektur umum yang dipakai untuk pengembangan agent dan multi agent system.

Kemudian akan dibahas mengenai masalah metodologi dan tool dalam pengembangan agent dan multi agent system. Aplikasi dan penelitian yang berkaitan dengan agent dan multi agent system akan dijelaskan secara mendetail pada bagian Aplikasi dan Arah Penelitian Agent, dan dilanjutkan pada bagian Usaha Standarisasi Agent dengan penjelasan mengenai usaha standarisasi agent dan multi agent system dan organisasi-organisasi yang mendukung ke arah itu. Makalah ini akan diakhiri dengan kesimpulan dan daftar pointer maupun resource yang berhubungan dengan agent dan multi agent system.


- Download makalah lengkap: Pengantar Next Generation Network.pdf

Blog contents © DUNIA GRATISAN 2010. Blogger Theme by NymphontCoolbthemes.com..